Pengganti Pakan Ternak Di Masa Depan

 

Pengolahan limbah organik

Pada saat ini banyak organisasi pecinta lingkungan untuk menggunakan serangga pengurai alami untuk memberi pakan ternak yang bebas dari bahan- bahan kimia dan sekaligus bisa untuk menangani sampah organik. Dari berbagai penelitian bahwa ada spesies serangga khusus yaitu Black Soldier Fly sebagai alat untuk mengolah nutrisi organik menjadi bahan pakan ternak yang berkualitas tinggi.

Maggot BSF adalah cikal bakal untuk bermetamorfosis menjadi lalat Black Soldier Fly (BSF), maggot BSF ini adalah protein lengkap dengan kandungan lemak, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi hewan ternak, dalam pakan ternak untuk ayam, sapi dan perikanan, maggot BSF dapat digunakan sebagai pakan tambahan atau bahkan dapat mengganti pakan yang berasal dari tepung ikan, sehingga dapat mengurangi ekploitasi terhadap sumber daya laut di seluruh dunia. Sementara itu protein yang berasal tepung ikan ataupun tepung nabati, sangat membutuhkan sumber daya yang sangat besar mulai dari penggunaan bahan bakar fosil hingga air yang banyak untuk siap diambil hasilnya, hal tersebut sangat tidak efisien dan itu salah satu yang menyebabkan harga pakan menjadi sangat tinggi.

Di sisi lain maggot BSF dapat merubah limbah organik menjadi kompos yang bermanfaat bagi perkebunan. Limbah organik ini bisa didapatkan dari pabrik pengolah makanan, kafetaria dan restoran dan pasar-pasar tradisional hingga tempat pembuangan sampah akhir. Jika kita dapat menggunakan bahan limbah organik ini untuk budidaya maggot BSF untuk pakan ternak, kita dapat mengurangi limbah sampah organik, mengurangi efek emisi gas rumah kaca sambil mengubah nilai output yang rendah menjadi input yang bernilai tinggi. Selain itu juga beberapa peneliti bahwa maggot BSF bisa digunakan untuk memproduksi untuk biodiesel ataupun sebagai pelumas industri.

maggot BSF sebagai pengurai limbah organik dan pakan ternak memungkinkan kita untuk mendapatkan nutrisi alami ini ke ekosistem lokal, mempertahankan, meningkatkan dan ketersediaan dalam budidaya maggot BSF dapat meningkatkan nilai ekonomis yang tinggi karena pada gilirannya, ketika para peternak dapat mengurangi biaya pakan untuk ternak-ternak mereka, sehingga memiliki keuntungan yang lebih dari ternak yang mereka pelihara.
Lalat BSF ini dapat ditemukan di seluruh dunia. Tidak seperti spesies lalat umum lainnya, mereka bukan serangga penyebar penyakit dan sumber daya luar biasa ini belum banyak digunakan oleh para peternak padahal maggot BSF ini adalah kunci sebagai pengganti pakan aternatif di masa depan.

Di sini kami bersama komunitas yang kami bangun bersama sedang mengerjakan proyek percontohan tentang potensi lingkungan hidup yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat dengan menggunakan maggot BSF sebagai solusinya, baik itu budidaya maggot BSF pada skala industri atau budidaya maggot BSF skala kecil atau rumahan, kesimpulannya dekomposer khusus ini dapat menjembatani kesenjangan antara hasil dan kerja keras para peternak yang selanjutnya mengubah sistem peternakan kita dengan mencari pakan yang berkelanjutan baik itu untuk masa kini dan masa depan.

(Adi | Koloni)