Cara Membedakan BSF Jantan dan Betina

 

 

Membedakan Jantan dan betina di koloni BSF adalah bagian penting untuk memperkirakan hasil yang diperoleh akan lebih baik, dan untuk menentukan langkah apa yang perlu diambil untuk memaksimalkan produksi maggot BSF. Misalnya, dalam koloni BSF dalam kandang akan menjadi baik bahkan ketika semua pupa berasal dari hari panen yang sama, waktu penetasan akan tetap berbeda dalam beberapa hari, terutama pada musim penghujan dikarenakan suhu yang dingin. Ketika sebagian besar lalat telah melakukan perkawinan dan oviposisi, mereka akan mulai mati, dan koloni BSF akanmulai menyusut. Hanya dengan melihat sisa lalat, memperkirakan rasio jantan dan betina, Jadi akan tahu apa yang harus dilakukan. Jika situasi jantan lebih mendominasi maka harus menghapus koloni BSF lama dan memulai dengan yang baru segera, jika tidak akan berakhir dengan kekosongan maggot selama sekitar dua minggu, karena tidak ada telur yang diproduksi selama waktu itu. Jika situasi dkandang didominasi betina, Kemungkinan dalam beberapa hari lagi akan ada lebih banyak telur BSF.

Jenis kelamin lalat BSF hanya dapat dilihat pada tahap BSF sudah dewasa, yang berarti titik paling awal untuk membedakan jantan dan betina adalah pada waktu mereka menetas. Ciri-ciri setiap jenis kelamin dibedakan dengan baik, sangat mudah untuk diihat.

Ekor pada betina BSF adalah strukturnya berbentuk seperti gunting. Ini organ seksual BSF untuk kawin dan untuk oviposisi. Ketika betina menarik ekornya keluar berarti mereka siap untuk kawin, dan jantan akan melihat ini sebagai sinyal untuk memulai kawin dan inilah mengapa sumber cahaya sangat penting untuk perkawinan BSF yang sukses.

BSF Betina

Seperti yang bisa dilihat dibawah ini, ekor lalat BSF jantan struktur ujungnya seperti piring. Jika dilihat dari dekat akan terlihat seperti bunga yang sedang mekar.

BSF Jantan

Saat kawin, betina dan jantan berbaris di sisi yang berlawanan, dengan ekor yang terhubung. Cara mereka terhubung adalah bahwa ekor jantan yang berbentuk bunga mekar mengambil dan mengisap ekor berbentuk gunting pada betina. Jika dilihat dari dekat bagian perut jantan umumnya transparan sehingga akan terlihat cairan yang mengalir dari bagian dada hingga ke arah ekor. itulah saat pembuahan terjadi pada lalat BSF.

 

(Adi | Koloni)